Warung kehidupan

NILAI SEBUAH KEJUJURAN

Posted on: 2013/11/02

Nilai Sebuah Kejujuran
Seperti sebuah barang ,yang langka di pasaran dan sulit dicari maka akan menyebabkan barang tersebut menjadi semakin mahal dan semakin di buru orang sebagai penggemarnya. Hukum pasar tetap berlaku bahwa ada permintaan dan ada penawaran . Pasar di bentuk karena ada kebutuhan dan ketersediaan sehingga menjadi kesepakatan. Dalam kesepakatan tersebut di muat syarat-syarat yang saling mewakili dan saling memberikan nilai manfaat dengan jujur.
Nilai sebuah kejujuran menjadi sebuah barang langka juga, karena kejujuran tidak mudah ditemui saat ini dan juga tidak mudah membuat dengan segera karena barang kejujuran melewati proses panjang dan pendidikan ,ujian dan cobaan jadi nilai sebuah kejujuran menjadi barang sangat mahal dan barang keramat. Bila saat ini ada nilai kejujuran maka menjadi pujian bagi orang yang merindukannya. Begitu sebaliknya sebuah kejujuran menjadi bumerang bagi yang ingin melakukan kebohongan karena dianggap menjadi bencana untuk dirinya ,kelompok maupun lingkungan.
Bagaimana membangun sebuah kejujuran? Menjadi pertanyaan yang sangat bagus dan menarik untuk di bahas karena orang masih bingung ,apa yang di sebut jujur dan darimana memulainya dan bagaimana menilainya. Oke kita jawab pertanyaan ini sejauh yang kita mengerti. Yang disebut kejujuran adalah suatu tindakan yang tidak menyimpang dari nilai-nilai agama dan norma umum apa yang dilakukan antara pikiran tindakan dan ucapan adalah selaras. Memulai sebuah kejujuran adalah dari pikiran –pikiran yang muncul menjadi tindakan dan ucapan harus mampu kita atur dan kendalikan Mulailah dari tindakan kecil ,dari diri sendiri .
Membangun sebuah kejujuran perlu adanya komitmen diri dan tanpa pamerih atau imbalan apapun hanya ingin mendapatkan kepuasan diri dan punya rasa takut ke pada Tuhan Yang Maha Kuasa. Dalam proses membangun nilai kejujuran akan banyak merasakan dan mengalami ujian,cobaan dan godaan yang membuat semakin matang dan kuat. Begitu berharganya nilai sebuah ke jujuran maka ajakan saya mari jadikanlah sebagai gaya hidup yang perlu pengorbanan waktu ,uang ,perasaan dan tenaga.
Mulai detik ini ketika saya membaca dan menulis Nilai sebuah kejujuran maka perasaan saya semakin kuat ingin mewujukan kejujuran itu . bagaimana anda ???

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: