Warung kehidupan

ARTI SEBUAH KEMENANGAN BUAT “SANG CALEG”

Posted on: 2009/01/13

by:bagusweda

Saat ini adalah bulan-bulan  penuh perjuangan buat sang caleg, waktu 24 jam digunakan untuk berpikir,berdiskusi, berkunjung  ke konstuen(masa pendukung) ,dengan tujuan untuk mensosialisasikan  program-program yang akan ditawarkan dalam kompanye,dan visi-misi  yang belum jelas. Gambaran ini merupakan kegiatan  para caleg , yang  supersibuk untuk mengejar target suara dan popularitas di masyarakat , karena sayarat utama adalah suara sebanyak banyaknya yang bisa direkrut. Seperti  sebuah iklan ,apapun jabatannya,pekerjaannya, pendidikannya  adalah tetap suara terbanyak.

Dengan kalkulasi  yang   cemat, para caleg ini  sangat yakin akan mendapat suara , melawan para kompetitornya. Berbagai analisa telah digunakan,untuk  lebih meyakinkan, apakah investasi sosial ini akan menguntungkan atau tidak? Gong pemilu dan kompanye semakin dekat , para  peserta  “investor sosial “ ini segera mengikuti tender ,yang akan memperebutkan suara rakyat, dengan pemaparan program progam yang akan dilakukan bila  suatu saat jadi pemenang. Emosi masa pendukung ,sangat mempengaruhi  orasi caleg, dengan orasi tanpa teks ,sering membuat  isi pidato menjadi bias,kadang kadang lupa apa yang telah di ucapkannya. Sering saya jumpai ,bahwa orasi caleg, tidak beda jauh dengan dagang obat di pinggir pasar. Apalagi kualitas caleg yang tidak didukung oleh  keilmuannya.

Seperti layaknya para  penjudi, yang lebih dominan, adalah emosi saat pertarungan  sudah dipertengahan waktu, dengan kalkulasi yang tidak sesuai maka ,strategi tidak murni lagi ,prinsipnya adalah  yang penting menang  dalam pertarungan ini.  Kalau cara berpikir seperti ini ,para caleg kita ,maka  bangsa ini akan diurus olah para, mental  spekulan , yang tidak jelas visi-misinya, apalagi  untuk kepentingan rakyat ,yang bakal ada adalah kepentingan pribadi  untuk kembali modal dan kepentingan kroni (masa pendukung). 

Sebelum  pertarungan  dimulai , maka saya akan titip   pesan buat para caleg ,yang  akan banyak menyita waktu,tenaga ,uang dan pengorbanan lainnya. Dalam  pengertian saya, bahwa suatu kemenangan itu ada dua yaitu , kemenangan untuk mengelola kemenangan dan kemenangan mengelola kegagalan .

 ilustrasi  kemenangan. Bila mendapat dukungan ,duduk  menjadi anggota dewan ,sesungguhnya belum disebut pemenang, tetapi baru masuk keruang setan yang penuh godaan. Nah bilamana anda sudah duduk mampu memilah , menolak dan mengindari godaan itu maka barulah anda disebut pemenang sejati  yang mapu mengelola kemenangan itu. Kalo anda  tidak terpilih menjadi anggota dewan ,maka anda akan belajar introsepeksi, terhadap  kegagalan itu , bila telah sadar , tahu penyebab kegagalan itu  ,  maka kendalikan diri dan iklas  menerima kekalahan itu ,sesungguhnya itulah kemenangan sejati.

 

Advertisements

19 Responses to "ARTI SEBUAH KEMENANGAN BUAT “SANG CALEG”"

buat apa caleg

ga penting,,,,

cm banyak omong….

caleg itu penting, tapi mbok omongannya tidak diumbar, jangan seenakknya janji janji,caleg itu calon wakil rakyat, tapi perlu berpolitik lebih dewasa.dan bijak.

pengen jadi caleg ah…
pengen ngerasa-in orasi tanpa teks…
terus maen judi juga…
hehehe…

kira-kira bakal dapet kemenangan sejati gak yah…

Kemenangan sesungguhnya bukanlah milik mereka yang terpilih nantinya…

Kemenangan sesungguhnya dari sebuah proses demokrasi adalah milik rakyat…

Tapi nyatanya??? 😮

pemilu legislator adalah sebuah prosedural yang harus di tempuh, bijaklah dalam memilih…………..

karena mereka belum sadar arti dari kemenangan,dan masih dikuasai oleh egonya.

pilihlah sesuai kreteria yang mewakili …

mampir aja, mas…. lihat-lihat postingan baru….

silahkan mas..jangan kapok

@etikus
yang dapat bukan kemengan sejati,tapi kemenangan jeruji(sel)

kalo gtu saya gak jadi deh…
hehehehe…

telusuri dulu tujuan orang2 yang mau jadi caleg. jika dia maen uang untuk mendapatkan suara, bisa dipastikan tujuan utama mereka hanya untuk menambah semakin banyak pundi2 hartanya. intinya gak mau rugilah, udah habiskan banyak uang untuk kampanye ya harus balik.mau gak mau. dengan berbagai cara.itulah watak caleg saat ini, meskipun tidak semua. yang terpenting buat temen-temen pintar-pintarlah memilih dan memilah mana caleg yang tujuannya duduk di kursi DPR untuk mengabdi kepada rakyat sepenuhnya, setulusnya; dan mana caleg yang hanya bertujuan untuk mengambil balik modal kampanyenya dan menambah gudang hartanya.

Untuk para CALEG DPR atau DPRD, lembaga ini adalah wahana untuk menyampaikan aspirasi dan memperjuangkan hak RAKYAT. yang tujuannya agar kehidupan RAKYAT atau Masyarakat menjadi Sejahtra. Tetapi disatu sisi banyak CALEG yang hanya bermodal untung untungan,yang jelas dari segi Kuwalitas samasekali tidak memenuhi sarat. Kalau CALEG yang seperti ini yang jadi pemenang ” Pertanyaan saya apa yang bisa diperjuangkan agar RAKYAT betut betul SEJAHTRA jangan hanya selogan belaka ” (apa apa demi RAKyat dalam kampanyenya), tapi kenyataannya hanya untuk PARTAI nya sendiri. Untuk itu hati hati dalam memilih, jangan beli kucing dalam karung, thnks

dengan kata rakyat ,bisa merubah kehidupan ,jadi kata rakyat sangat sakti sehingga menjadi rebutan .sukseme

Hhh… kalo ngomongin caleg, paling males dah, dari tampangnya di baliho2 aja uda keliatan maunya, duit, modal balik, proyek, beberapa keluarga saya ada yang jadi caleg, saya tanya apa sih yang sudah dilakukan untuk rakyat? Jawabnya “Loo justru untuk rakyat, kita maju, kita akan berusaha mensejahterakan rakyat” hayah saya tinggal aja,

la… klo dipikir2 kerjaan saya lebih banyak membantu rakyat kecil dibanding dia; kasih kredit, bunga ringan, mereka bisa punya usaha tapi saya ngga ngiler mo jadi caleg

bersyukurlah anda sudah lebih banyak memberi tapi tidak tergiur olah godaan dan sanjungan ,saya setuju caleg harus bertanya pada diri,apayang sudah saya berikan untuk rakyat?terimakasih atas kunjungannya yande.

Pak Saya Sangat suka Istilah anda
“INVESTOR SOSIAL” keren abis…

@hafiq
perlu waspada pada caleg yang mau ngumpulin harta . yang tidak punya idialisme

betul mas ,kita waspada sama caleg yang tidak jelas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: