Warung kehidupan

Renungan di Pengujung Tahun

Posted on: 2008/12/31

 by:Bagusweda

2008 telah kita lewati bersama,rasakan bersama,dan renungkan bersama,apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan  tahun 2008? Kekurang  menjadikan kita lebih bersabar,dan lebih bersyukur,karena  menjadi penghalaman  hidup, yang memang harus dilalui. Tapi  ,tetap harus kita bersyuukur apapun hasilnya. Bilamana  kelebihan kelebihan yang kita dapatkan ,pada tahun 2008,maka itu menjadi modal  untuk meningkatkan kwalitas diri,ditahun depan.

Tahun  kemarin adalah tahun standar,dimana  tahun 2008 dijadikan standar untuk melangkah di tahun 2009,karena  telah menjadi evaluasi,  mana yang lebih dan kurang, semua menjadi modal awal ,di tahun selanjutnya. Saldo awal ini bisa mines atau plus, semua akan menjadi hasil penjumlahan, dan  mendapatkan hasil  memuaskan atau tidak.

Dalam menjalani proses kehidupan ,tidak luput dari  kesalahan kesalahan, maupun kekurangan-kekurangan ,tapi yang paling penting adalah menyadari kesalahan ,kekurangan itu.  Penyadaran terhadapat tindakan akan membuat kita lebih dewasa,bijak dan pada akhirnya menjadi   kehidupan lebih berkualitas.

Sangat berat dan sulit menghadapi  atau menjalani proses kehidupan karena banyak tantangan dan godaan, sering buat kita mabuk dan tergilas oleh proses itu. Tapi kalau kita sadar,maka proses itu akan berjalan ,mengalir begitu saja tanpa kita rasakan, seprti air mengalir. Sehingga  akan kita rasakan, kenikmatan terhadap proses itu.

Dalam  kehidupan ada tiga tahapan yang harus dilewati, yaitu  :

Input , adalah masukan yang akan kita gunakan dalam proses kehidupan, seperti, nilai moral,mental, motivasi , lingkungan  keluarga, dan lingkungan sosial.

 Proses ,adalah yang harus dilalui dalam kehidupan  ,dengan berbekal  nilai  input  maka  mampu menjalani  ,menghadapi,memilah, dan mencari jalan keluar  ,yang terbaik untuk diri sendiri,dan orang banyak.

Out put ,adalah hasil yang didapat dari  proses itu ,dan menentukan kwalitas  pada kehidupan.

Dengan  berbekal pada kesadaran  apa yang kita lewati, maka  menghadapi tahun 2009,akan lebih optimis, bersemangat, dan selalu menjadi lebih baik ,untuk diri sendiri atau lingkungan. Dengan demikian maka hambatan –hambatan ,kerisis ekonomi yang menghadang kehidupan kita ,sudah siap melewatinya.

Renungan ini ,merupakan kado buat diri saya, anak-anak saya, keluarga dan rekan rekan di Gamainterstudi   semoga ,melangkah kedepan  semakin optimis. Selamat tinggal tahun 2008  dan selamat datang tahun 2009 sebagai tahun harapan kita bersama.

 

 

Advertisements

4 Responses to "Renungan di Pengujung Tahun"

Setiap orang adalah guru…..
Setiap tempat adalah sekolah…..
Setiap waktu adalah belajar…..
Setiap peristiwa adalah pelajaran…..

Tabik…. 🙂

terimakasih pak,saya setuju bahwa belajar tidak mengenal batasan,waktu,empat dan orang.

Hallo Pak.. saya kirimi Award Semangat ngeblog bersambung.. kalau berkenan baca blog saya ya.. makasih

baik mas saya akan mampir, selamat tahun baru 2009 semoga semakin sukses dan jalinan persahabatan lewat blog ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: