Warung kehidupan

musim hujan tiba apa manfaat untuk kehidupan?

Posted on: 2008/11/12

musi hujan tiba ,pak tani mulai menanam padi dan menyangkul ladang  ! ungkapan itu ingat sewaktu saya masih duduk di bangku Sekolah Rakyat ( SD) saya tidak tahu persis apakah ungkapan itu masih ada dan laku untuk pak tani? karena saat ini saya tinggal di jakarta  ,dengan ungkapan baru  sebagai berikut, musim hujan tiba BANJIR DIMANA MANA…NAH dua ungkapan diatas bertolak belakang dengan kehidupan kami saat ini. yang pertama memberikan manfaat lebih besar untuk petani dan kita semua ,karena akan menghasilan padi dan sayur mayur ,yang memberikan sumbangan buat kehidupan kita dan negara.  apalagi saat ini serba mahal, karena semua import dari beras ,sayur sampai kebuah buahan., bagaimana saat ini pak tani apakah musim hujan tiba masih bisa mencangkul? atau ikut menikmati banjir karena akibat ke serakahan manusia yang berkedok pengusaha.? bukan kota saja kebagian banjir tapi sampai kalimantan, sulawesi, yang mestinya jauh dari hal itu . nah pertanyaan kedua bagaimana orang kota apakah manfaat dapat dirasakan dengan adanya banjir ini ? apapun manfaat dari kedua pertanyaan diatas akan memberikan manfaat penyadaran buat kita semua , untuk introsepeksi dimana letak kesalah ini. mari kita masing masing menjaga lingkungan .

komentar anda

Advertisements

2 Responses to "musim hujan tiba apa manfaat untuk kehidupan?"

Setahu saya ni mas (manggilnya mas cz kalo dibaca2 artikelnya ada petunjuk kalo udah punya anak,…tul…)ya memang nasib petani sekarang beda sama masa lalu. kalo dulu musim panen tiba petani-petani memasuki masa makmur, panen banyak, untung banyak, dibelinya pun dengan harga sesuai standart. Kenapa?selain kondisi alam dulu yang mendukung terhadap keberhasilan panen padi(misal daerah resapan air di sekitar kawasan sawah mencukupi shingga pas ujan turun gak ‘mbanjiri’ sawah), irigasi dan drainase sawah perawatannya benar-benar diperhatikan(kata dosen saya, kebetulan background saya di teknik sipil). Bahkan ada tukang ceknya segala yang memantau kondisi saluran irigasi dan drainase. ketika ada kerusakan langsung diperbaiki(ni jamannya pak harto mas). Sungguh beda dengan sekarang(berdasarkan keterangan dosen saya juga), sama sekali gak diperhatikan saluran irigasi dan drainasenya. Sekarang juga udah gak ada yang namanya tukang ceknya. Alhasil sistem salurannya menjadi buruk dan banyak beberapa bagian dari sistem pengatur irigasinya yang udah pada hilang(cz bahannya dari besi),mungkin diambilin sama warga sekitar.Menurut saya faktor paling utama ya yang kedua ini. Karna sistem irigasi(pengairan sawah) dan drainasenya(pembuangan)yang buruk.Kalau gak ingin gak kebanjiran,otomatis benahi dulu sistemnya..gitu mas,

salam kenal juga mas dari saya,,,…
hafiq.wordpress.com

terimakasih mas atas kunjungannya..ya saya sdh punya anak ..anak saya 4 …,saya stuju bahwa sistem irigasi itu yg utama, tapi lebih penting lagi adalah yang menjalankan sisitem itu. ..karena setelah pak harto sdh 4 kali ganti presiden ,tdk dapat menjalankan perencanan pembangunan berkelanjutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Pages

Categories

sedang berkunjung

free counters

Flickr Photos

November 2008
M T W T F S S
    Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Advertisements
%d bloggers like this: